Menyimak dan Kesimpulan

 

Pertama- tama saya ucapkan selamat pada Pak Dosen yaitu Dr. Pandu Pramudita yang telah menyelesaikan studi dengan predikat cumlaude, yang kemarin juga telah melaksanakan ujian terbuka promosi doctoral secara live. Berikut kesimpulan saya pada live tersebut;

Beliau membuat kajian inovasi bentuk figur kayon dengan metode penelitian fenomenologi yang fokus dengan penelitian material figur kayon gaya Surakarta, didukung dengan data oral dari informan penelitian. Beliau melakukan analisis secara terperinci terhadap kaidah bentuk fiigur kayon, bentuk ideal bidang kayon yaitu dengan cara perbandingan ukuran dan teknik gambar, kemudian analisis terhadap wanda kayon dan lukisan kayon.

Dalam live tersebut beliau mengatakan bahwa teori yang digunakan yaitu Teori Golden Ratio. Golden ratio adalah angka yang digunakan ketika dua kuantitas dibagi sedemikian rupa sehingga rasionya sama dengan rasio jumlah dari yang terbesar dari dua kuantitas. Golden ratio digunakan untuk membantu menciptakan hasil desain agar komposisinya lebih seimbang.

Kesimpulan yang saya dapatkan dari live ujian terbuka promosi doktoral Beliau yaitu inovasi bentuk figur kayon wayang kulit purwa gaya Surakarta memunculkan ragam bentuk figur yang memiliki estetikanya dan terjadi karena sang seniman mengalami pengalaman estetis dan pengalaman artistik. Memiliki nilai filosofis pandangan manusia terhadap dunia yang disebut kosmologi.

Komentar

Postingan Populer